Minggu, 22 Oktober 2017


                                                     ANALISIS SWOT



1. Pengertian Analisi Swot
Analisis SWOT merupakan suatu bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut.SWOT merupakan singkatan dari Strength Weaknesses Opportunities Threats. 

a. Strength (kekuatan) adalah situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.

b. Weaknesses (kelemahan) merupakan cara untuk menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi.

c. Opportunities (peluang) merupakan gambaran peluang yang ada dari sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan.

d. Threats (hambatan) merupakan gambaran ancaman dari suatu perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha.

2. Manfaat
Metode analisis SWOT merupakan metode analisis yang paling dasar dalam melakukan analisis strategi, yang bermanfaat untuk mengetahui suatu permasalahan ataupun suatu topik dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisis ini biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan suatu perusahaan tau organisasi  dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan yang dimiliki dan juga menghindari berbagai ancaman yang terjadi. Jika digunakan dengan baik dan benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau organisasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar